Selasa, 23 Juni 2015

bandar lampung









Lampung adalah kota dimana saya dilahirkan.
 Lampung terletak dipulau SUMATRA dan Bandar lampung sebagai Ibukota nya.lampung merupakan kota yang cukup besar tentunya memiliki ciri khas yang apabila setiap orang melihatnya pun mumgkin akan langsung mengenalinya bahwa ikon tersebut merupakan ciri khas lampung.
ikon ciri khas lampung diantaranya yaitu :

1. Menara Siger
Menara Siger terletak di Pelabuhan Bakauenei merupakan salah satu ciri khas Lampung yang dapat terlihat jelas dari Pelabuhan Bakaunei. bahkan bagi anda yang akan berkunjung ke Lampung dengan angkutan laut dari Pelabuhan Merak,Banten sebelum kapal yang anda tumpangi menepi di Pelabuhan Bakaunei anda sudah dapat melihat dengan jelas Menara Siger ini, bahkan di Malam hari Menara Siger ini dapat terlihat jelas karena dihiasi dengan banyak penerangan lampu.



2. Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Gambas terletak di Labuhan Ratu, Lampung Timur merupakan Taman Nasional  pusat pelatihan Gajah dan tempat konservasi Badak dan Gajah. gajah-gajah di Way Kambas di latih agar dapat dengan mudah melakukan perintah sesuai yang di ajarkan oleh pawang nya. aktrasi gajah yang dapat anda lihat di Taman Nasional Way Kambas diantara nya yaitu : Gajah bermain bola, melakukan adegan sirkus danlkain sebagainya.

3. Gajah Lampung
Gajah Lampung menjadi salah satu Ikon Lampung yang terkenal. Gajah lampung di kenal sebagai gajah yang sangat terlatih meskipun tidak semua gajah yang berada di Taman Nasional Way Kambas sudah jinak, karena di dalam Taman Nasional Way Kambas masih banyak terdapat Gajah liar dan Binatang-binatang liar  yang dilindungi lain nya seperti, Harimau, Badak, Kera dan Rusa. bahkan saking terkenalnya Gajah Lampung di Indonesia, tim Sepak Bola Lampung di beri julukan sebagai Gajah Beringas.

 
selain itu lampung juga memiliki budaya dan makanan khas lampung,
Budaya dan Makanan khas Lampung tersebut diantara nya :

1. Seruit
Seruit merupakan makanan khas orang lampung, yang uniknya dari makanan ini adalah diracik pada saat akan di makan dan harus habis pada saat itu juga.dan tentunya makan nya harus pake nasi juga. cara makan nya pun unik, seruit yang sudah jadi dimakan bersama-sama. Cara nya kucuk kikim (daun singkon rebus) di ambil secukupnya, lalu di totolkan kedalam seruit.setelah itu ditaruh di sesuap nasi, dan HAP......langsung dimakan,biasa sambil dikunyah di dalam mulut lalapan mentah dimakan bebarengan,,dan rasanya, bener-bener luar biasa sensasinya.

2. Tempoyak
Tempoyak merupakan makanan khas Lampung hasil Fermentasi dari buah durian, karena hasil fermentasi Tempoyak ini rasanya agak asam-asam gimana gituuu......Tempoyak ini enak lebih enak kalau dimakan nya dicampur dengan seruit.lebih mantap rasanya.

3.Gulai Taboh
Gulai Taboh merupakan kuliner khas lampung yang juga dapat diartikan sebagai gulai santan. gulai ini biasanya berisi khattak/kacang-kacangan seperti kacang/khattak gelinyor, kacang merah/khattak ngisi, kacang panjang/khattak kejung, khattak tuwoh, rebung, kentang,dan lain-lain.

4.Tari Cangget
Tari Cangget merupakan tarian khas orang Lampung yang memiliki fungsi sebagai ajang berkumpul dan berkenalan baik bagi kaum tua,kaum muda,laki-laki maupun perempuan.dengan berkumpul dan berkenalan antar warga dalam suatu kampung atau desa untuk merayakan suatu upacara adat maka akan terjalin silaturahim yang akan menciptakan kerukunan di dalam kampung tersebut.




5.Tari Sembah

Ritual Tari Sembah biasa diadakan oleh masyarakat Lampung untuk menyambut dan memberi penghormatan kepada para tamu atau undangan yang datang.bisa dikatakan sebagai Tarian Penyambutan. selain sebagai tari penyambutan tari sembah pun kerap di tampilkan pada upacara adat pernikahan Lampung.sekarang, Tari Sembah menjadi aset budaya Lampung yang selalu di tampilkan pada setiap acara, baik lokal, nasional maupun internasional.ciri khas tarian Lampung seorang penari memakai kuku panjang yang terbuat dari emas atau tembaga dan tangan mereka menari dengan gemulainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar